Materi Sesi 1 Diklat Calon Kepala Sekolah, Supervisi Pembelajaran

Assalamualaikum wr. wb.

Disampaikan oleh Drs. Sudaryanto, MM materi tentang Supervisi Pembelajaran pada mulanya terasa kering dan tidak terlalu menarik untuk disimak, namun karena tingkat keperluan yang cukup vital dalam pengelolaan sekolah, maka materi ini menjadi perhatian juga oleh temen-temen peserta diklat. Sesi dimulai pada jam 14.00 setelah melaksanakan sholat Jumat hingga berakhir pada jam 20.30, tentunya dengan diselingi 2 kali istirahat untuk sholat Ashar dan Sholat Magrib serta makan malam.

Baca lebih lanjut

Hari Pertama Diklat Calon Kepala Sekolah, Acara Pembukaan

Assalamualaikum wr. wb.

Hasil dari pertemuan kemarin di SMA PGRI menetapkan bahwa diklat calon kepala sekolah dilaksanakan hari ini di LPMP Jawa Tengah, check ini pada jam 09.00 dan pembukaan jam 14.00. Tapi kemudian mendapat SMS dari dinas yang menyatakan bahwa acara diajukan untuk pembukaan pada jam 10.00 WIB, walah ya agak gedandapan juga persiapannya, karena sudah janjian untuk ke sekolah dulu sebelum berangkat.

Sampai di LMPM jam 09.35 bersama pak Winarno, langsung check in mendapatkan kamar di gedung 3 lantai 3 nomor 13, santai sejenak ternyata waktu dah menunjukkan 09.55, jadi segera bergegas ke Aula untuk acara pembukaan, nunggunya agak lama hingga plt Kepala Dinas Dikpora Kendal datang dan membuka acara pembukaan.

Baca lebih lanjut

Rapat Calon Kepala Sekolah di SMA PGRI Kendal

Assalamualaikum wr. wb.

Tanpa terasa umur sudah diangka 42, dan 19 maret tahun depan sudah diangka 43 (dah tuwir ya….enjoy aja yosh), dan selama 42 tahun itu apa saja ya yang telah kuperbuat. Secara normatif sepertinya aku adalah orang yang biasa-biasa aja, sekolah dari umum 6 tahun di SD hingga lulus kuliah di D3 ITB Bandung pada tahun 1990, kemudia penempatan di Lombok NTB dan kerja disana selama 12 tahun ssambil menyelesaikan S-1 di Unram, kemudian tahun 2003 pindah ke Kendal (karena belas kasih dari Om Hendy, Bupati kendal) dan hingga saat ini menjadi guru di SMA Cepiring.

Adakah ini suatu prestasi atau ya biasa ajalah, sebuah proses dari peningkatan karier…, kalau awal ngajar di SMA Cepiring, tahun 2004 ada pengusulan kepala sekolah oleh Sekolah tempat bertugas (SMA 1 Cepiring) kemudian saya mengaju-ajukan diri untuk dapat mengikuti seleksi seperti adalah hal yang sangat “wagu”, namun pada tahun 2011 ini ketika sudah berada di lembaga ini kurang lebih 8 tahun, wajar dong kalau kemudian diusulkan menjadi calon kepala sekolah, dan dari prestasi serta labuh-labet di kependidikan SMA pada khususnya kayaknya juga tidak kurang, maka bersama dengan pak Winarno dan pak Khusnin, diusulkan untuk melalui prosesi seleksi calon kepala sekolah yang dilaksanakan pada akhir nopember kemarin.

Baca lebih lanjut